Senin, 09 April 2012

Konsultan Pendidikan Luar Negeri > USA

Memilih sekolah ke luar negeri khusus di Amerika Serikat adalah merupakan pilihan yang tepat, karena disanalah terdapat perguruan tinggi, college, polytechnic dan vocational school yang terkenal di dunia internasional. Di samping itu juga mempunyai sistim pendidikan yang fleksibel. Amerika Serikat sejauh ini menjadi salah satu tempat primadona untuk Pendidikan Luar Negeri buat masyarakat Indonesia.


Dewasa ini di Amerika Serikat terdapat kurang lebih 10.000 buah lembaga pendidikan, termasuk universitas, college, dll, namun hanya +/- 3.000 buah diantaranya yang diakui (accredited) oleh pemerintah Amerika Serikat. Oleh karena itu dianjurkan agar para siswa berhati-hati dan selektif dalam menentukan pilihan sekolahnya.

Sangat penting untuk memilih sekolah yang berakreditas karena standar minimum mutunya terjamin dan kredit-kredit yang diperoleh dapat di transfer ke universitas-universitas lain. Kami selaku konsultan pendidikan luar negeri termasuk ke Amerika / USA menyimpulkan beberapa point penting sbb:


BERBAGAI MACAM BENTUK PERGURUAN TINGGI DI AMERIKA

UNIVERSITY

Perguruan tinggi yang memberikan gelar Bachelor dan Master sampai Doktor dan sering kali terdiri dari beberapa college.          

COLLEGE

Umumnya Swasta dan lebih kecil dari university dan memberikan gelar sampai Bachelor, tetapi ada juga college yang memberikan gelar sampai Master.

INSTITUTE OF TECHNOLOGY


Memberikan gelar Bachelor dan Master dan umumnya lebih menonjol untuk bidang Engineering dan Science.

JUNIOR COLLEGE

Sering disebut Community College, merupakan pendidikan tinggi negeri yang memberikan program kejuruan/non gelar dan Associate Degree (2th) yang dapat ditransfer ke University untuk menyelesaikan Gelar Bachelor.

Dari penjelasan istilah di atas dapat dilihat bahwa sebuah Perguruan Tinggi di Amerika Serikat tidaklah selalu menggunakan predikat "University"

SISTEM PERKULIAHAN

Satu tahun kuliah (Academic Year) di USA adalah 9 bulan, sedang liburan musim panas adalah 3 bulan, Para siswa dapat tetap kuliah pada musim panas, yang berarti akan mempersingkat waktu kuliahnya. Misalnya untuk program BSc/BA yang seharusnya 4 tahun dapat dicapai dalam 3 tahun.

Perguruan tinggi Amerika Serikat ada yang menggunakan Sistem Kredit Semester dan Sistem Kredit Kwartal.



PERMULAAN KULIAH

Sistim Semester biasanya dimulai pada bulan Agustus (Fall), Januari (Spring) dan Mei (Summer).

Sistim Kwartal biasanya dimulai pada bulan September (Fall), Januari (Winter), Maret (Spring) dan Juni (Summer).



MASUK UNIVERSITAS TOP?

Pada umumnya tidaklah mudah untuk dapat langsung diterima pada universitas-universitas top di Amerika karena persyaratan masuknya yang sangat tinggi karena persaingan yang ketat, dan harus diingat pula bahwa universitas-universitas terkenal tersebut sudah menutup pendaftaran 1 tahun di muka.

Bagi siswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di universitas termasyur, maka hal itu dapat dicapai dengan terlebih dahulu kuliah di salah satu universitas menengah atau college yang accredited, dapatkan nilai yang baik, kemudian pindah/transfer ke universitas terkenal.



SYARAT MASUK UNIVERSITAS

Lulus SMA

Menguasai bahasa Inggris secara aktif dan lancar yang dinyatakan dengan TOEFL (nilai 61+), jika belum ada, dapat mengikuti penataran bahasa di Amerika, tidak harus diambil di Indonesia, Sebagian universitas juga memerlukan test SAT.

Mempunyai dana yang cukup untuk biaya kuliah dan hidup selama di Amerika.



BIAYA

Perkiraan anggaran biaya kuliah dan hidup di Amerika pertahun akademi adalah sbb :

UANG KULIAH (9 BLN) US$ 5,000 - 40,000

TEMPAT TINGGAL& MAKAN 9 BULAN US$ 5,000 -18,000

MUSIM PANAS (3 BLN) US$ 3,000 - 5,000

UANG SAKU US$ 3,500 - 4,500

BUKU & ASURANSI US$ 1,000 - 1,500

Sedangkan anggaran biaya sekolah bahasa dan biaya hidup berkisar antara US$ 1,500 - 2,500 per bulan. Kecenderungan biaya hidup di pantai Barat dan pantai Timur dan di kota-kota besar lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika bagian tengah.

Biaya 1 tahun pertama wajib tersedia pada waktu keberangkatan ke Amerika (diperlihatkan kepada petugas Kedutaan Amerika pada waktu mengajukan visa pelajar).

Untuk mendaftarkan ke perguruan tinggi di USA anda dapat memanfaatkan jasa, pengalaman dan reputasi kami, yang secara langsung ditunjuk oleh banyak PerguruanTinggi negeri dan swasta di USA sebagai perwakilannya. Kami menjalin hubungan yang erat dengan sekolah-sekolah tersebut sehingga pelayanan kami akan cepat, tepat dan terjamin.



SMA DI AMERIKA SERIKAT

Para siswa yang belum lulus SMU di Indonesia dapat juga melanjutkan ke High School di Amerika di mulai setiap bulan September, atau mengikuti program High School Plus/High School Completion di negara bagian Washington.      



DOKUMEN YANG DIPERLUKAN
Kami selaku Konsultan Pendidikan Luar Negeri menyarankan para siswa yang akan akan mengikuti Pendidikan Luar Negeri di Negara  ini maka sebaiknya calon siswa mempersiapkan :

• Photocopy Raport dan Ijazah SMA yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah - 3 lembar

• Surat Referensi Bank dari pembiaya

• Pas photo ukuran 5x5 cm sebanyak 5 lembar (background putih)

• Photocopy Akte Kelahiran dan Pasport

• TOEFL Test (yang sudah ada)

• SAT (bila diperlukan)

Dokumen-dokumen tersebut di atas ditambah :

•  Photocopy Transkrip dari universitas yang dilegalisir 4 lembar + amplop universitas

•  Surat Rekomendasi dari Dekan dan 2 orang Dosen/Perusahaan

•  Silabus (untuk transfer)

•  Ijazah Sarjana yang dilegalisir- 4 lembar

•  GMAT/GRE Test (yang sudah ada)

•  Essay & Cv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar